Skip to main content

ISTILAH-ISTILAH PADA KOMPUTER



                                      

1.       AGP : merupakan sebuah Port Grafik berkecapatan tinggi yang menghubunkan Video Card dengan memori .


2.       ATA : merupakan spesifikasi untuk Ide DRIVE yang menghubungkan antara Motherboard dan Harddisk

3.       BIOS adalah sebuah program atau Sofware antara muka tingkat rendah yang berfungsi mangendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada computer.

4.       BLUE RAY adalah sebuah FORMA CAKRAM OPTIK untuk menyimpan media digital termasuk video divisi.

5.       BOOT memasukan arus listrik kedalam peralatam computer.

6.       BRAIN WARE setiap orang terlibat dalam pemanfaatan (system pengolah kata)

7.       BROWSER : Sofware alat untuk menjelajah internet

8.       BYTE ukuran terkecil data dari computer

9.       CACHE MEMORY : tempat menyimpan data sementara

10.   CARTRI DGE : sebuah kemasan yang dapat di pindahkan yang memuat sejumlah magnetic disk atau optic dapat di sisipkan kedalam slot

11.   CD atau DVD ROOM : sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat vakatif

12.   CHATTING : program dalam internet untuk berkomunikasi langsung secara pemakia internet yang sedang online .

13.   CPU : suatu perangkat keras microprocessor yang dapat memahani dan melaksanakan perintah daro software.

14.  Pengertian CRTCATHODE RAY TUBE (CRT)Tabung sinar katoda (CRT) adalah tabung hampa yang berisi senapan elektron (sumber elektron)dan sebuah layar fluorescent, dengan internal atau eksternal sarana untuk mempercepat danmembelokkan berkas elektron, yang digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk cahayayang dipancarkan dari neon layar.Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop), gambar (televisi, monitorkomputer), radar target dan lain-lain. Warna CRT memiliki tiga senapan elektron terpisah(bayangan topeng-type) atau senapan elektron yang berbagi beberapa elektroda untuk semuatiga tiang (Sony Trinitron, dan versi berlisensi) CRT menggunakan kaca dievakuasi amplop yangbesar, dalam, berat, dan relatif rapuh. Teknologi tampilan tanpa kekurangan ini, seperti layarplasma datar, liquid crystal display, DLP, OLED display telah menggantikan CRT dalam banyakaplikasi dan menjadi semakin umum sebagai penurunan biaya.Pengecualian untuk yang khas berbentuk mangkuk CRT akan flat CRT yang digunakan oleh Sonydalam seri Watchman (FD-210 diperkenalkan pada tahun 1982). Salah satu yang terakhir modelCRT datar adalah FD-120A. The CRT di unit-unit ini datar dengan pistol elektron yang terletakkira-kira pada sudut kanan bawah permukaan layar sehingga membutuhkan canggih elektronikuntuk membuat gambar yang tidak terdistorsi bebas dari efek seperti keystoning. 
15. DOT PIXEL. 

 stilah lain dari Dead Pixel adalah “Dot Pixel”, “Defective Pixel” atau “Dot” saja.
Dot Pixel merupakan istilah yang merujuk pada problem yang terjadi pada layar LCD, yang berarti ada cacat berupa titik (dot) pada layar tersebut.

Dot Pixel terjadi pada saat proses produksi LCD, dan secara teknis sulit diperbaiki. Pada proses manufaktur sangat sulit menemukan produk-produk yang mengalami defect. Hal ini baru diketahui setelah LCD tersebut menjadi bagian sebuah produk utuh (seperti Laptop atau TV Plasma). Dan secara prosentase, jumlah produk yang mengalaminya juga tergolong cukup kecil sehingga tetap bisa diterima oleh standar industri dunia pada level tertentu.
16.                        DirectX

Microsoft directX adalah kumpulan API untuk menangani tugas – tugas yang berkaitan dengan multimedia, khususnya pemograman games dan video, pada Microsoft platform. DirectX1 1 diluncurkan untuk membantu para pengembang game video dalam mengembangkan game yang lebih baik memanfaatkan multi-core.


17. pengertian disket
Cakram liuk atau disket (bahasa Inggrisfloppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentukpersegi atau persegi panjang.
Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB(seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.








18.   distoris



19.  PENGERTIAN DRIVER

Pengertian driver adalah suatu perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem operasi yang bertugas menjembatani inti sistem operasi dengan perangkat keras. Driver merupakan perangkat lunak yang mengatur bagaimana sebuah perangkat keras berperilaku. Tanpa driver, perangkat keras tidak akan mengerti apa yang diperintahkan oleh sistem operasi. Kita dapat menganalogikan driver di komputer dengan driver/sopir di dunia nyata. Sistem operasi adalah penumpang atau sang majikan. Sang majikan tidak mengetahui bagaimana mengemudikan mobil, ia hanya memerintahkan kepada sopir untuk membawa mobil mengantarkannya ke suatu tempat. Nah, sang sopirlah yang nanti mengurus bagaimana mobil itu dijalankan, apakah itu maju, mundur, tambah kecepatan, mengerem, berbelok dan sebagainya.




20. PENGERTIAN DRIVER

Pengertian driver adalah suatu perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem operasi yang bertugas menjembatani inti sistem operasi dengan perangkat keras. Driver merupakan perangkat lunak yang mengatur bagaimana sebuah perangkat keras berperilaku. Tanpa driver, perangkat keras tidak akan mengerti apa yang diperintahkan oleh sistem operasi. Kita dapat menganalogikan driver di komputer dengan driver/sopir di dunia nyata. Sistem operasi adalah penumpang atau sang majikan. Sang majikan tidak mengetahui bagaimana mengemudikan mobil, ia hanya memerintahkan kepada sopir untuk membawa mobil mengantarkannya ke suatu tempat. Nah, sang sopirlah yang nanti mengurus bagaimana mobil itu dijalankan, apakah itu maju, mundur, tambah kecepatan, mengerem, berbelok dan sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Perbedaan Switch Manage dan UnManage (Manageable Switch Versus Non manageble Switch)

Switch adalah perangkat yang menghubungkan segmen jaringan .   dimana Switch Ethernet dapat digolongkan menjadi 2 yaitu   Switch Manage   dan   Switch Unmanage . Secara umum fungsi kedua jenis switch sama yaitu sebagai media penghubung dalam jaringan yang sama, memperbesar skala jaringan (dengan mudah bisa digunakan untuk menabah PC dalam jaringan yang sama).  Switch UnManage (Non Manageble Switch) Unmanaged switch adalah switch yang tidak dapat di-manage… maksudnya adalah switch tersebut pada saat kita membelinya, hanya bisa kita nyalakan dan tancap semua kabel UTP ke switch tersebut, dan sudah berfungsi dengan baik. Unmanaged switch biasanya dipilih oleh pengguna-pengguna yang memang tidak ingin ‘dipusingkan’ oleh konfigurasi peralatan jaringan, karena sekedar plug-and-play. Selain mudah dipasang, tentu saja karena tidak adanya modul management di dalam switch, harga dari switch tersebut akan lebih rendah dibandingkan switch yang managed. Namun, apabila terjadi masalah deng

Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal sederhana

BAB I PENDAHULUAN A.    DESKRIPSI JUDUL Modul  Melakukan perawatan periferal  merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk perawatan periferal dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan pelaporan hasil perawatan periferal. Modul ini terdiri dari 4 (empat) kegiatan belajar, yaitu membahas tentang menyiapkan perawatan periferal, melakukan perawatan periferal, memeriksa hasil perawatan periferal dan melakukan tindakan korektif serta melaporkan hasil perawatan periferal. Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta diklat mampu melakukan perawatan periferal. B.    PRASYARAT Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah : 1)   Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Melakukan perbaikan periferal ( HDW.MNT.204.(2).A) 2)   Peserta diklat mengetahui konfigurasi dan spesifikasi periferal pada PC. 3)   Peserta diklat mengetahui cara kerja komponen/modul yang perlu perawat

Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul

• Mengidentifikasi Masalah Melalui Gejala yang Muncul TUJUAN PEMBELAJARAN Komputer  yang  terhubung  jaringan  sering  kali  mengalami  gangguan kerusakan   baik   dari   sisi   hardware   atau   software.   Hal   ini disebabkan oleh banyaknya pengguna komputer yang terhubung dalam sistem jaringan. Peserta diklat mampu mengetahui jenis-jenis gangguan pada perangkat jaringan. Peserta diklat mampu mengetetahui performance dan kondisi perangkat yang terhubung jaringan. Faktor-faktor  yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada Jaringan komputer adalah: Tegangan Listrik Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan Tegangan listrik dapat menyebabkan ganguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati mendadak dari sumber PLN. Komputer  yang  kita  gunakan  sering  mati  mendadak  karena  sumber listrik  mati  dapat  menyebabkan  komputer  yang  kita  gunakan  akan cepat    rusak.  Sehinga  akan  mempengaruhi  jari