Skip to main content

Panduan menggunakan corel draw X4

Panduan Cara Menggunakan
CorelDraw X4
Panduan dan tutorial ini akan
mempelajari cara kerja atau tampilan
CorelDraw X4. Disini menggunakan
CorelDraw Graphic Suite X4 yang
pada dasarnya hampir sama dengan
coreldraw pendahulunya yaitu X3,
CorelDraw 10, 11, dan 12. Kemiripan
ini dikarenakan agar parapengguna
CorelDraw tidak cenggung untuk
menghadapi perubahan pada setiap
versi. Untuk langkah cepat, memulai
panduan cara menggunakan
CorelDraw X4 dari awal apa saja
yang ada di dalam Coreldraw.
Memulai Coreldraw
1. Klik tombol Start > Program >
Corel Graphic Suite X4 > Corel Draw
Interface / Tampilan Coreldraw
Peralatan untuk mendesain di
CorelDraw semua terdapat pada tool
box (lihat interface pada point 6). Ada
beberapa tool yang mempunyai
tombol flyout (panah kanan bawah)
yang berisi beberapa tool lainnya.
Flyout selengkapnya ada pada
gambar berikut:
Penjelasan
Pick tool : Mengaktifkan
obyek dan untuk
melakukan editing dasar
dari obyek. Misalnya
scaling, rotating, skewing,
resizing
Shape Tools
Shape Tool : Melakukan
proses editing node pada
shape( komponen garis dari
obyek).
Smudge Tool : Menggosok
obyek sehingga merubah
bentuk obyek yang digosok
tersebut.
Roughen Tool : Memberikan
efek distorsi pada obyek.
Transform Tool : Merotasi,
membesarkan, mengecilkan,
skewing image secara
bebas.
Crop Tools
Crop Tool : Digunakan
untuk menghapus objek
diluar seleksi.
Knife Tool : Pisau yang
berfungsi untuk memotong
obyek. Cara kerjanya persis
seperti menggunakan pisau
biasa.
Eraser Tool : Menghapus
bagian tertentu dari obyek.
Virtual Segment delete
tool : Menghapus segmen
secara virtual
Zoom Tools
Zoom Tool : Membesarkan
atau mengecilkan tampilan
area kerja di monitor.
Hand Tool : Menggeser area
kerja ke posisi tertentu.
Curve Tools
Freehand Tool : Membuat
obyek berupa garis bebas.
Bezier Tool : Membuat
obyek garis dengan
menentukan banyaknya
node.
Artistic Media Tool :
Membuat obyek garis
dengan berbagai bentuk
yang artistik.
Pen Tool : Membuat obyek
kombinasi antara garis lurus
dan garis lengkung secara
langsung.
Polyline Tool : Membuat
obyek kombinasi garis lurus
dan freehand secara
langsung.
3-Point Tool : Membuat
obyek garis dengan kurva 3
point.
Connector Tool : Membuat
obyek garis konektor
secara interaktif
Dimension Tool : Membuat
obyek garis ukuran pada
suatu obyek yang kita buat.
Smart Tools
Smart Fill : Untuk mewarna
objek dan garis secara
bersamaan sesuai dengan
pengaturan.
Smart Drawing : Membuat
obyek garis secara bebas
seperti freehand tool,
namun dengan hasil yang
lebih bagus.
Rectangle Tools
Rectangle Tool : Membuat
obyek persegi panjang atau
bujur sangkar.
3-Point Rectangle Tool :
Membuat obyek persegi
panjang atau bujur sangkar
dengan kemiringan
tertentu.
Ellipse Tools
Ellipse Tool : Membuat
obyek lingkaran atau elips.
3-Point Ellipse Tool :
Membuat obyek lingkaran
atau elips dengan
kemiringan tertentu.
Penjelasan
Object Tools
Polygon Tool : Membuat
obyek segi banyak.
Star Tool : Membuat obyek-
obyek bintang.
Complex Star Tool :
Membuat obyek-obyek
bintang sudut banyak.
Graph Paper : Membuat
obyek menyerupai tabel.
Spiral Tool : Membuat
obyek spiral.
Text Tool : Membuat obyek
teks.
Table Tool : Membuat tabel.
Perfect Shape Tools
Basic Shapes Tool :
Membuat obyek-obyek
dasar.
Arrow Shapes Tool :
Membuat obyek-obyek
anak panah.
Flowchart Shapes Tool :
Membuat obyek-obyek
flowchart.
Banner Shapes Tool :
Membuat objek-objek
banner.
Callout Shapes Tool :
Membuat obyek-obyek
callout (objek isi teks pada
komik).
Eyedropper Tools
Eyedropper tool :
Mengambil sampel warna
dari suatu obyek.
Paintbucket tool :
Memberikan warna tertentu
pada suatu obyek.
Interactive Tools
Blend tool : Memberikan
efek transformasi dari satu
obyek ke obyek lain.
Contour tool : Memberikan
efek kontur pada obyek.
Distort tool : Memberikan
efek distorsi pada obyek.
Drop shadow tool :
Memberikan efek bayangan
pada obyek.
Envelope tool : Memberikan
efek perubahan bentuk
pada obyek.
Extrude tool : Memberikan
efek tiga dimensi pada
obyek.
Transparency tool :
Memberikan efek
transparansi warna pada
obyek.
Interactive Fiil Tools
Fill tool : Mewarna objek
dengan macam-macam
metode.
Mesh fiil tool : Mewarna
bidang pada objek.
Outline Tools
1. Outline color dialog :
Memunculkan color outline tool.
2. No outline : Menghilangkan outline.
3. Hairline outline : Memberikan
outlinedengan ukuran sangat kecil.
4. ½ point outline : Memberikan
ukuran outline½ poin.
5. 1 point outline : Memberikan
ukuran outline1 poin.
6. 2 point outline : Memberikan
ukuran outline2 poin.
7. 8 point outline : Memberikan
ukuran outline8 poin.
8. 16 point outline : Memberikan
ukuran outline16 poin.
9. 24 point outline : Memberikan
ukuran outline24 poin.
0. Color docker window :
Memunculkan color docker
windowuntuk outline.
1. Fill color dialog : Memunculkan
kotak dialog warna isi.
2. Fountine fill dialog : Memunculkan
kotak dialog warna gradasi
3. Pattern fill dialog : Memunculkan
kotak dialog pola.
4. Texture fill dialog : Memunculkan
kotak dialog tekstur.
5. Postscript fill dialog : Memunculkan
kotak dialog postscript.
6. No fill : Menghilangkan warna isi.
7. Color docker dialog :
Memunculkan color docker
window untuk warna isi.
Property Bar
Property bar adalah fasilitas yang
disediakan untuk memunculkan
fungsi-fungsi yang sering digunakan
ketika aktif pada salah satu alat
gambar pada tool box. Isi dari
property bar akan menyesuaikan
dengan salah satu alat yang sedang
aktif pada tool box. Pengaturan
halaman bisa dilakukan melalui
Property Bar pada saat Pick Tool dan
berikut ini adalah salah satu fungsi
yang muncul pada property bar
ketika mengaktifkan text tool:
Pengaturan sebelum mendesain
Sebelum kita mulai mendesain,
sebaiknya kita atur dulu halaman
yang akan kita gunakan. Pengaturan
halaman tersebut meliputi pemilihan
jenis kertas, ukuran kertas, orientasi
kertas, satuan ukuran yang akan
digunakan dan lain-lain. Klik Menu
Tool > Options maka akan muncul
window seperti berikut:
Ilmu Grafis Memotong,
Menggabung, dan Operasi Objek
pada CorelDraw merupakan tutorial
penting dalam pengolah objek. Pada
saat objek menumpuk kita bisa
mengoperasikan beberapa trik agar
objek satu sama lainnya tidak saling
mempengaruhi. Atau terkadang kita
berniat untuk menghilangkan objek
yang berada di atas objek lainnya
atau juga kita berniat mengambil sisa
perpaduan antar objek dan lain
sebagainya.
Ke semua operasi tersebut sering kita
lihat pada operasi matematika berupa
himpunan dan semesta. Konsep
kerjanya sama. Fasilitas ini dalam
CorelDraw dibagi menurut hasil objek
yang diciptakan. Untuk lebih
mengenal operasi ini silakan lihat
tutorial berikut
Cara Memotong, Menggabung,
dan Operasi Objek pada
CorelDraw
1. Kita buat dulu objeknya. Objek
pertama adalah persegi dan objek
kedua adalah lingkaran sempurna.
Gunakan tool Rectangle dan Ellipse
tool untuk membuat kedua ojek
tersebut, sambil menekan tombol
keyboard CTRL + klik dan drag via
tool tersebut agar objek menjadi
benar-benar persegi dan lingkaran.
2. Warnai objek tersebut dengan
warna merah untuk lingkaran dan
kuning untuk persegi. Aktifkan snap
to objek dan pindah posisi tengah
lingkaran di unjung pojok bawah
kanan persegi.
3. Pilih objek lingkaran menggunakan
pick tool kemudian sambil menekan
tombol SHIFT klik objek persegi,
sehingga keduanya terseleksi.
4. Property Bar berubah dan siap kita
lakukan operasi objek.

Comments

  1. Sebagai rasa terima kasih kami kepada pelanggan/calon pelanggan, maka mulai tahun ini kami kembali mengadakan promo “Bagi-bagi Notebook Tanpa Diundi“.

    Para pelanggan bisa mendapatkan hadiah berupa notebook, blackberry, handphone, ipod nano, flashdisk, dan bermacam-macah hadiah lainnya yang akan diberikan langsung setiap pembelian produk dengan paket dan harga produk sesuai yang telah kami tentukan minimal pembelian Rp50 ribu rupiah saja.


    Berikut hadiah langsung yang bisa didapatkan oleh para pelanggan

    - SAMSUNG GALAXY 5



    - Flashdisk 16 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 32 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 80 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 100 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA LUMIA



    - Flashdisk 130 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA ANDROID



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - NEW IPHONE 6



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - APPLE Ipod Nano



    - HP Qwerty IMO B720



    - SAMSUNG TABLET



    - BLACKBERRY Curve



    - SONY TABLET



    - Netbook ACER Aspire One



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - BLACKBERRY Curve



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - TOSHIBA Satellite L510























































































































































































    Buruan sebelum promo berakhir!
    JANGAN LUPA ..... DIBAWAH INI UTK MENDPTKAN LEPTOP/NOTEBOOK GRATIS
    >>> MAU DONG? >>>

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memahami Perbedaan Switch Manage dan UnManage (Manageable Switch Versus Non manageble Switch)

Switch adalah perangkat yang menghubungkan segmen jaringan .   dimana Switch Ethernet dapat digolongkan menjadi 2 yaitu   Switch Manage   dan   Switch Unmanage . Secara umum fungsi kedua jenis switch sama yaitu sebagai media penghubung dalam jaringan yang sama, memperbesar skala jaringan (dengan mudah bisa digunakan untuk menabah PC dalam jaringan yang sama).  Switch UnManage (Non Manageble Switch) Unmanaged switch adalah switch yang tidak dapat di-manage… maksudnya adalah switch tersebut pada saat kita membelinya, hanya bisa kita nyalakan dan tancap semua kabel UTP ke switch tersebut, dan sudah berfungsi dengan baik. Unmanaged switch biasanya dipilih oleh pengguna-pengguna yang memang tidak ingin ‘dipusingkan’ oleh konfigurasi peralatan jaringan, karena sekedar plug-and-play. Selain mudah dipasang, tentu saja karena tidak adanya modul management di dalam switch, harga dari switch tersebut akan lebih rendah dibandingkan switch yang managed. Namun, apabila terjadi masalah deng

Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul

• Mengidentifikasi Masalah Melalui Gejala yang Muncul TUJUAN PEMBELAJARAN Komputer  yang  terhubung  jaringan  sering  kali  mengalami  gangguan kerusakan   baik   dari   sisi   hardware   atau   software.   Hal   ini disebabkan oleh banyaknya pengguna komputer yang terhubung dalam sistem jaringan. Peserta diklat mampu mengetahui jenis-jenis gangguan pada perangkat jaringan. Peserta diklat mampu mengetetahui performance dan kondisi perangkat yang terhubung jaringan. Faktor-faktor  yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada Jaringan komputer adalah: Tegangan Listrik Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan Tegangan listrik dapat menyebabkan ganguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati mendadak dari sumber PLN. Komputer  yang  kita  gunakan  sering  mati  mendadak  karena  sumber listrik  mati  dapat  menyebabkan  komputer  yang  kita  gunakan  akan cepat    rusak.  Sehinga  akan  mempengaruhi  jari

Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal sederhana

BAB I PENDAHULUAN A.    DESKRIPSI JUDUL Modul  Melakukan perawatan periferal  merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk perawatan periferal dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan pelaporan hasil perawatan periferal. Modul ini terdiri dari 4 (empat) kegiatan belajar, yaitu membahas tentang menyiapkan perawatan periferal, melakukan perawatan periferal, memeriksa hasil perawatan periferal dan melakukan tindakan korektif serta melaporkan hasil perawatan periferal. Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta diklat mampu melakukan perawatan periferal. B.    PRASYARAT Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah : 1)   Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Melakukan perbaikan periferal ( HDW.MNT.204.(2).A) 2)   Peserta diklat mengetahui konfigurasi dan spesifikasi periferal pada PC. 3)   Peserta diklat mengetahui cara kerja komponen/modul yang perlu perawat